12 Tenses Dalam Bahasa Inggris

Pengenalan

Tenses merupakan perubahan bentuk kata kerja (konjugasi) yang acuannya adalah waktu atau tergantung waktu yang digunakan, sehingga ketika kita menggunakan sebuah kata kerja kita dapat mengetahui kapan terjadinya kata kerja atau aksi yang digunakan.

Secara garis besar, Tenses itu terbagi menjadi tiga yaitu Past (Masa yang telah berlalu), Present (Masa sekarang), dan Future (Masa yang akan datang). Nah, 3 garis besar tenses tersebut dibagi-bagi lagi menjadi empat-empat bagian, yang mana mereka adalah Simple (1), Continuous (2), Perfect (3), dan Perfect Continuous (4). 3x4 = Tadaaa! Terciptalah 12 Tenses. 😀

Untuk lebih jelasnya kalian bisa mengamati gambar berikut.


Penjelasan, Fungsi dan Penggunaannya.

Jadi di post kali ini, saya hanya akan menjelaskan fungsi utama atau kegunaannya berdasarkan yang selalu diterapkan oleh penutur asli bicara (Native Speaker) pada tiap tenses yang ada.

KETERANGAN:
Subject : I, You, They, We, She, He, It, This, These, Those, Gerund, Proper Noun.
Object : Noun, Me, You, Them, Us, Her, Him, It, This, These, Those, Gerund.
Verb 1 : Bentuk pertama atau bentuk tanpa perubahan kata kerja. contoh: eat, drink, sleep, go.
Verb 2 : Bentuk kata kerja yang digunakan untuk masa lampau. Kata kerjanya berubah melalui tambahan imbuhan yang biasanya -ed, contoh: helped, punched, thanked. Dan ada juga yang bentuknya tidak menentu seperti slept, sung, fought, made, gone.
Verb 3 : Bentuk ketiga dari kata kerja yang digunakan untuk Perfect Tense, Passive Voice. Rata-rata bentuknya tidak beraturan.
Present Participle : Kata kerja yang diberi imbuhan -ing 
- Dalam penjelasan saya, ketika saya menyebut kejadian, aksi, atau kata kerja, yang saya maksud disini adalah VERB.
- BARE INFINITIVE : Verb 1 atau kata kerja yang tidak sama sekali mengalami proses perubahan atau bisa dibilang masih Default..


1.) Simple Present Tense

RUMUS : SUBJECT + V1/V1-ES
Digunakan untuk menyatakan fakta atau kebenaran umum, kebiasaan, dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang ini.
Contoh : I go to school everyday (kebiasaan)
              I eat bread every morning (kebiasaan)
              I eat meat (fakta. menyatakan bahwa pembicara adalah seseorang yang makan daging, dan bukan vegetarian)
              I am hungry (menyatakan bahwa sekarang sedang lapar)


2.) Present Continuous Tense

RUMUS : SUBJECT + IS/AM/ARE + PRESENT PARTICIPLE
Digunakan untuk menyatakan aksi/kata kerja yang sedang berlangsung sekarang.


Contoh : I am eating right now (Pada saat ini si pembicara sedang makan.)
              She is singing a song right now
              He is playing a video game
              I am hungry (menyatakan bahwa sekarang sedang lapar)


3.) Present Perfect Tense

RUMUS: SUBJECT + HAVE/HAS + VERB 3
Digunakan untuk menyatakan kata SUDAH/TELAH. Jadi bisa dibilang kalau tense ini digunakan untuk kata kerja yang waktunya dimulai dari masa lampau dan berakhir di lampau juga disertai penekanan secara tidak langsung si pembicara bahwa ia ingin menyampaikan efek dari Verb tersebut.

Misalnya : I have eaten = Saya sudah/telah makan. ( yang mana sekarang hasilnya dia kenyang )

Dan juga tense ini digunakan untuk menyatakan Verb yang sifatnya situasi berlanjut (PERLU DIINGAT BAHWA INI TIDAK SEPERTI CONTINUOUS TENSE) misalnya Live, Work, Move, dll

Contoh : I have live in Indonesia for 4 years. = Saya sudah/telah tinggal di Indonesia selama 4 tahun. ( dia sudah tinggal selama 4 tahun dan masih berlanjut atau dia masih tinggal di Indonesia)


4.) Present Perfect Continuous Tense

RUMUS: SUBJECT + HAVE/HAS + BEEN + PRESENT PARTICIPLE
Digunakan untuk menekankan durasi kejadian/kata kerja yang telah terjadi dan kejadian tersebut masih berlanjut sampai sekarang. Biasanya Pembicara menekankan durasi tersebut dikarenakan Pembicara ingin menyampaikan bahwa lama dari durasi tersebut membuahkan suatu hasil/dampak. Misalnya :

- I have been running for 3 hours = Saya telah/sudah berlari selama 3 jam (Pembicara secara tidak langsung  ingin menyampaikan HASIL yang mana ia lelah karena telah berlari selama 3 jam)
- I have been working all day = Saya telah bekerja seharian penuh.

Dan kadang juga Pembicara hanya sekedar ingin menekankan durasi.
- I have been living here for 6 years.


5.) Simple Past Tense

RUMUS: SUBJECT + V2
Digunakan untuk menyatakan aksi/kata kerja yang dimulai pada masa lampau dan telah berakhir di masa lampau pula. Jadi sederhananya, tense ini digunakan untuk menyatakan kejadian/ aksi yang telah berlalu dan sudah tidak ada hubungannya lagi dengan masa sekarang.

***Dalam bahasa Indonesia mungkin kata yang bisa menggambarkan tense ini ialah kata TADI.
Tadi berarti di masa lampau atau di waktu yang telah berlalu. Walaupun dalam tense mungkin tidak ditunjukkan dalam bentuk kata, dia menyampaikan kata tersebut dalam imbuhan -ed atau dalam kasus Irregular Verb (Kata kerja tidak beraturan) dia secara tersirat (tidak langsung, tidak terang2an) menyampaikan gagasan "Tadi" . Misalnya :

I slept for 5 hours : Saya (tadi/dimasa lampau) tidur selama lima jam.
I just ate : Saya (tadi) baru saja makan.
I walked in front of your house : Aku berjalan di depan rumahmu.  (Nah walaupun saya hilangkan "TADI"nya, kalian harus tau disana ada kata "TADI" tersirat)     

6.) Past Continuous Tense

RUMUS: SUBJECT + WAS/WERE + PRESENT PARTICIPLE
Digunakan untuk menyampaikan 2 Verb yang sedang berlangsung di masa lampau. Bisa jadi verb pertama di potong oleh verb kedua(1), dan bisa jadi kedua verb tersebut terjadi secara paralel (bersamaan) tanpa salah satunya memotong verb yang lain(2). Yang Terakhir, Tense ini juga digunakan untuk menyampaikan bahwa suatu/satu Verb/Aksi sedang terjadi di masa lampau.(3)

1. Contoh yang Verb yang lain memotong Verb yang lainnya:
-I was eating when you knocked the door = Saya (tadi) sedang makan ketika kay mengetuk pintu ( jadi-ketika si pembicara makan, orang kedua mengetuk pintu. Otomatis aksi/verb yang dilakukan si pembicara yang mana adalah MAKAN, terpotong/terganggu oleh VERB yang dilakukan oleh orang kedua yang mana adalah MENGETUK PINTU.

2. Contoh yang 2 Verb terjadi secara paralel (bersamaan) tanpa mempengaruhi/memotong satu sama lain:
- I was studying while my sister was watching tv. = Saya (tadi) sedang belajar sementara saudari saya sedang makan. ( jadi kedua verb yang mana adalah BELAJAR dan MENONTON, tidak mempengaruhi/ memotong satu sama lain.
- I was playing video games while my little sister playing with her toys = Saya (tadi) sedang bermain video- games sementara adik perempuan saya bermain dengan mainannya.

3. Contoh Verb yang sedang terjadi di lampau:
-Katakanlah seseorang menanyakan kalian "What were you doing?" = "Apa yang (tadi) sedang kamu lakukan?". Disini kita menggunakan Past Continues Tense untuk menjawabnya "I was calling someone" = "Saya (tadi) sedang menelpon seseorang".

7.) Past Perfect Tense

RUMUS: SUBJECT + HAD + V3
Digunakan untuk menyatakan suatu verb mendahului satu verb yang lain dalam urutan kejadiannya atau satu verb telah terjadi sebelum verb lainnya terjadi.

Tense ini sering disebut Past of the Past. Mengapa? sesuai dengan artinya masa lampau dari masa lampau. Maksudnya ialah Verb X terjadi di masa lampau, dan di di masa lampau tepatnya sebelum Verb X terjadi, ada Verb Y yang sudah terjadi lebih dahulu.

Contoh :
- I had finished my homework before you went home. (Verb yang duluan terjadi adalah Finished)
- My friend went home after you had eaten the whole cake (Verb yang duluan terjadi adalah Eaten)
-I had prepared my stuff before I went out. (verb yang mendahului adalah Prepared)

****Perlu diperhatikan bahwa verb yang mendahuluilah yang menggunakan tense tersebut atau rumus Subject + Had + Verb 3.

8.) Past Perfect Continuous Tense

RUMUS: SUBJECT+ HAD+ BEEN + PRESENT PARTICIPLE
Nah tense ini seperti Present Perfect Continuous, keduanya sama-sama menekankan durasi dari kejadian dan mungkin juga si pembicara ingin menekankan HASIL dari durasi Verb. YANG MENJADI PERBEDAAN ANTARA PAST DAN PRESENT PERFECT CONTINUOUS ADALAH jika Present Perfect Continuous Tense Verb/Aksinya dimulai dari awal dan masih berlanjut sampai sekarang, maka Past Perfect Continuous Tense Verbnya mulai dari suatu titik waktu di masa lampau dan berakhir pula disuatu titik dalam masa lampau.

Contoh:
- Adi was so tired because he had been jogging for 3 hours.= Adi (tadi/di waktu lampau) sangat kelelahan karena dia telah berlari selama 3 jam. (si pembicara menekankan durasinya, yang mana durasi dari verbnya ialah 3 jam, dan hasil dari durasi 3 jam tersebut membuahkan hasil yaitu Adi kelelahan)
- Rudy failed the national exam, because he had not been attending for one semester. = Rudy gagal dalam ujian nasional, karena dia telah tidak hadir selama satu semester.
- They had been talking for an hour.(disini pembicara hanya ingin menekankan durasi, jadi hasil tidak terlalu penting)


9.) Simple Future Tense

RUMUS: SUBJECT + WILL + BARE INFINITIVE (Verb 1)

Digunakan untuk menyampaikan bahwa suatu Verb/Aksi akan terjadi di masa yang akan datang..
Dalam Future Tense ini, Will berarti "AKAN", yang mana artinya ialah di masa yang akan datang/ di masa depan.

Tidak seperti past tense, yang bentuk kata kerjanya berubah dengan tambahan imbuhan kata seperti -ed (yang mana memberi makna tersirat kata "TADI". Dalam Future Tense ini tidak seperti itu, Verb tidak mengalami konjungasi (perubahan bentuk kata), tetapi tense ini dapat ditandai dengan adanya kata kerja bantu "Will"

Contoh:
- I will go to school tomorrow. = Aku akan pergi ke sekolah besok.
- He will play a video game next week = Dia akan main sebuah video game minggu depan.
- Father will buy a car tomorrow = Ayah akan membeli sebuah mobil besok.

10.) Future Continuous Tense

RUMUS : SUBJECT + WILL + BE + PRESENT PARTICIPLE
Digunakan untuk menyampaikan 2 Verb yang akan sedang berlangsung di masa yang akan datang. Bisa jadi verb pertama di potong oleh verb kedua(1), dan bisa jadi kedua verb tersebut terjadi secara paralel (bersamaan) tanpa salah satunya memotong verb yang lain(2). Yang Terakhir, Tense ini juga digunakan untuk menyampaikan bahwa suatu/satu Verb/Aksi akan sedang terjadi di masa yang akan datang.(3)

Contoh 
-I will be studying this night, so I will not go out with you. = Aku akan belajar malam ini, jadi aku tidak akan pergi keluar denganmu.(3)
- He will be working tomorrow. If anything happens, you can contact me. = Dia akan bekerja besok. Jika sesuatu terjadi, kamu bisa menghubungi ku. (1)
- I will be watching tv and He will be playing with his toys = Saya akan sedang menonton tv dan dia akan sedang bermain dengan mainannya. (2)
- While I making a dinner, my son will be playing a video game. = Ketika aku membuat makanan, anakku akan sedang bermain sebuah video game. (2)

11.) Future Perfect Tense

RUMUS: SUBJECT + WILL + HAVE + VERB 3
Digunakan untuk menyampaikan bahwa di masa depan suatu Verb/Aksi AKAN SUDAH ATAU TELAH terjadi duluan sebelum Verb Lainnya atau Waktu Tertentu. Yup, sama seperti Past Perfect Tense cuman  yang membedakan ialah kejadiannya terjadi di masa yang akan datang. Bisa disebut Future of the Future.

***Sebenarnya Tense ini jarang digunakan, tapi jika sobat sekalian tetap ingin mengetahuinya, then let's check it out.

1.) Contoh Verb didahului Verb:
- I will have cleaned my home by the time you come = Aku akan sudah/telah membersihkan rumahku disaat kau datang. (Si pembicara akan terlebih dahulu selesai membersihkan rumahnya, sebelum orang kedua (you) datang. Verb yang mendahului ialah "Cleaned" dan yang didahului ialah "Come")

2.) Contoh Waktu Tertentu didahului Verb:
- I will have left my house at eight o'clock. = Aku akan sudah/telah meninggalkan rumahku di jam delapan.
- I will have washed my clothes by Monday = Aku akan sudah/telah mencuci pakaianku pada/saat hari senin.

12.) Future Perfect Continuous Tense

RUMUS: SUBJECT + WILL + HAVE + BEEN + PRESENT PARTICIPLE
***Tense ini juga jarang digunakan, tetapi jika sobat sekalian tetap ingin mempelajarinya, then let's check it out.

Nah tense ini seperti Present Perfect Continuous dan Past Perfect Continuous, ketiga-tiganya sama-sama menekankan durasi dari kejadian dan mungkin juga si pembicara ingin menekankan HASIL dari durasi Verb. YANG MENJADI PERBEDAANNYA ADALAH Future Perfect Continuous Tense Aksi/Verbnya akan terjadi dimasa lampau dan akan selesai pula di suatu titik di masa lampau.

                                                           
Contoh dengan menekankan hasil:
- Adi will be very tired because he will have been running for 3 hours. = Adi akan sangat kelelahan karena dia akan telah/sudah sedang berlari selama 3 jam.

Contoh tanpa menekankan hasil:
- I will have been reading for an hour. = Aku akan telah/sudah sedang membaca selama satu jam.


Bagaimana sih cara mudah mengingatnya?

    Sobat sekalian tidak perlu berusaha keras mati2an banting otak pikiran untuk menghapalnya secara mendetil seperti Rumusnya. Tetapi sobat sekalian bisa mengingatnya dengan mudah dengan mencoba memahaminya, mendapatkan gambarannya, dan mencoba menerapkannya/mempraktekkannya di kehidupan sehari-hari. Ingat! "Ala bisa karena terbiasa".

Sobat sekalian juga bisa menggunakan kata penanda berikut sebagai acuan/gambaran agar mudah mengingat dan memahaminya.

-Past (Verb 2)  = Tadi  (Di masa lampau, Di masa lalu)
-Continuous (-ing) = Sedang
-Perfect (have/has/had)  = Sudah/Telah
-Future : Akan (Di masa yang akan datang, Di masa depan)

misalnya, sobat sekalian gabung Past + Continuous... berarti acuan waktu verbnya seperti : tadi (dimasa lalu) + sedang. atau :
-Past + Perfect + Continuous = Tadi+Sudah+Sedang  cnth: I had been working = Saya tadi sudah sedang bekerja
- Future + Continuous = Akan + Sedang= I will be walking = Aku akan sedang berjalan.

"Tapi kan kata 'aku telah sedang, aku akan sedang, aku telah sedang' tidak dipake dan jg terdengar aneh dibahasa Indonesia?" Iya aku sengaja jelasin gitu agar lebih mudah paham. kalau mau nejermahin ke bahasa indo jdi begini:

1. Present Simple: saya makan nasi
2. Present Continuous : saya sedang makan nasi
3. Present Perfect : saya telah makan nasi
4. Present Perfect Continuous : saya telah makan nasi 
5. Past Simple : saya makan nasi
6. Past Continuous : saya sedang makan nasi
7. Past Perfect : saya telah makan nasi
8. Past Perfect Continuous : saya telah makan nasi
9. Simple Future : saya akan makan nasi
10. Future Continuous : saya akan makan nasi
11. Future Perfect : saya akan makan nasi
12. Future Perfect Continuous : saya akan makan nasi

Kok banyak yang sama artinya? Iya, karena di bahasa indonesia tidak ada yang namanya konsep "tenses". Jadi didalam bahasa Indonesia kita hanya kebanyakan menggunakan Adverb (Kata keterengan) dan melihat konteks pembicaraan. Kita ambil contoh:

5. Past Simple : I ate
    Nah didalam bahasa Inggris kata "ate" sudah menyampaikan gagasannya bahwa "makan" terjadi di masa lampau. Coba lihat bahasa Indonesia:
    Past Simple : Saya makan. Kita gak bisa tahu kan apa "makan" nya terjadi kemarin atau sekarang? Betul, dikarenakan di Bahasa Indonesia tidak ada yang namanya Konsep "Perubahan kata kerja yang menyampaikan gagasan waktu". 

Melainkan, didalam bahasa Indonesia, kita hanya akan Menggunakan kata keterangan.
Past Simple : Saya makan kemarin/tadi/5 menit yang lalu.
sebenarnya kata keterangan pun tidak dibutuhkan kalau memang konteks nya sudah benar2 jelas, seperti:

Guru : "Murid2, Apa yang kamu makan kemarin?"
Murid 1 : "Saya makan kue"
Murid 2 : "Saya makan apel"

Nah, murid 1 dan 2 tanpa ucapin kata keterangan "kemarin" pun kita sudah bisa paham bahwa "Saya makan" itu terjadi kemarin, karena konteksnya sudah disampaikan oleh guru.

12 Tenses atau 16 Tenses, Sebenarnya ada berapa?

Perlu kalian tahu 16 Tenses itu menambahkan 4 Conditional Tenses/Structure (0-4 Conditional Types), jadi tidak perlu bingung 😃

Penutup

Sobat sekalian logikan aja deh pokoknya, dijamin pasti dapat maknanya 😉
Saran dari aku, sobat sekalian tidak perlu tergesa-gesa dalam belajar tenses, cukup perlahan-lahan aja atau secara bertahap, yang penting sobat sekalian menerapkan/mengaplikasikannya baik itu dalam Writing atau Speaking 😁


Wanna download Tenses Table as an easy reference? 
http://crefranek.com/45Fg
or
http://tmearn.com/p8ubQx


                 



Post a Comment

0 Comments